4 Mar 2017

Tidak Membalas Karena Tahu Ada Yang Maha Membalas

Sebelumnya, mohon maaf kalo ada pihak yang tersinggung. Aku tulis postingan ini cuma buat sharing biar kita bisa sama-sama ngingetin diri kita sendiri dan orang-orang yang kita sayang.
Kejahatan dibalas kejahatan = sama-sama jahat
Kebaikan dibalas kejahatan = gatau diri
Kebaikan dibalas kebaikan = balas budi
Kejahatan dibalas kebaikan ? Amazing! Awesome!
* Kejahatan yang aku maksud disini, kejahatan lisan (kata-kata yang nyakitin, pedes, fitnah, dsb)


Ucapan yang gak dijaga (tanpa mikir dulu, itu ucapan nyakitin orang lain/ngga) itu bisa jadi kebiasaan karena gak ada orang lain yang ngasih tau kalo sikapnya itu emang salah. Atau... bisa juga karena emang orang itu BATU, alias nggak mau terima nasehat baik dari orang lain. Dan biasanya, malah bilang kalo orang yang ngasih tau itu So' ALIM!

Kalo soal ngomongin orang lain.. ngomonginnya yang baik2 ya gak bakal dosa. Ngomongin keburukan orang lain yang bikin dosa. Secara aib orang lain dibuka dan disebarin lagi dari orang ke orang. Sadar gak kalo buka aib orang lain, aib kita juga bakalan dibuka abis2an sama Alloh? :'(

Jadi gini ya, bukannya aku ngerasa orang yang paling bener, aku juga mungkin pasti punya salah. Manusia kan gak luput dari salah dan khilaf. Kita saling maafin ya biar dosa itu gak kebawa sampe akhirat :') Kalo ada yang jahat sama kita, biar Alloh aja yang bales :')
Ibnu ‘Abbas mengatakan: ‘Allah memerintahkan orang beriman untuk bersabar di kala marah, bermurah hati ketika diremehkan, dan memaafkan di saat diperlakukan jelek. Bila mereka melakukan ini maka Allah  menjaga mereka dari (tipu daya) setan dan musuh pun tunduk kepadanya sehingga menjadi teman yang dekat.” (Tafsir Al-Qur’an Al-‘Azhim 4/109)
Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.
إِيَّا كُمْ وَالظَّنَّ فَإِنَّ الظَّنَّ أَكْذَبُ الْحَدِيْثِ وَلاَ تَحَسَّسُوا وَلاَ تَجَسَّسُوا وَلاَ تَحَاسَدُوا وَلاَتَدَابَرُوا وَلاَتَبَاغَضُوا وَكُوْنُواعِبَادَاللَّهِ إحْوَانًا

“Berhati-hatilah kalian dari tindakan berprasangka buruk, karena prasangka buruk adalah sedusta-dusta ucapan. Janganlah kalian saling mencari berita kejelekan orang lain, saling memata-matai, saling mendengki, saling membelakangi, dan saling membenci. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara”


60 komentar:

  1. Betul banget..
    Terkadang kebanyakan manusia tidak sadar atas apa yang dibuatnya, seperti menggosipkan keburukan orang lain.

    Mungkin ia lupa atau lelah, bahwa siapa yang menanam angin akan menuai badai. Hukum karma berlaku dibumi ini. Jika anda berbuat baik maka akan mendapatkan kebaikan pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaa aku setuju

      sekecil dzarrahpun pasti dapet balesan, entah itu kebaikan atau kejahatan hehe
      nasihat buat diri kita sendiri :)

      Hapus
    2. iya atuh kalau gitu mah saya kapok MAAFIN SAYAH YAH....ai maksudna mah ngan saukur heureuy wungkul beh teu setres, ngan ai jadina jiga kieu mah...hampura weh atuh yah.

      emang saya yang dimaksudkan...gituh?
      bae ah sanes oge...da saya tea teh resep heureu, bilih ti caletot basa....nyak....hampura weh-lah

      Hapus
    3. ih mang lembu mah lieur wkwkwk
      kalem atuh teu aya maksud nyindir sasaha, pan saur ami ge ieu mah nasehat kangge diri pribadi sareng pangemut kangge nu sanes hehe

      Hapus
  2. Aku kalo bales orang jahat itu simpel sih. Jadi lebih baik dari dia. Dan buktiin ke dia kalo I am so much better than you!

    Gitu aja sih hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. suka deh sama prinsifnya mba prisca
      i feel it wise more :D

      Hapus
  3. Betul, kadang aku tersenyum puas saat orang mencemooh, tapi begitulah kehidupan kita ada diantara mereka, saat aku diam bukan berarti aku mengiyakan namun lebih kepada fokus pada perbaikan diri

    BalasHapus
    Balasan
    1. tersenyum puas? bukan senyum terpaksa?
      waah keren keren ^^

      Hapus
  4. aku sih dihahain aja, dari pada maagku kumat. haha
    selama gak gengges di egp aja, fokus aja pada kehidupan. duh komenku ya hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ih kok urusannya jadi ke lambung?
      gengges itu apa ya? hihii ora ngerti kulo
      yaah kalo ngadepin orang yang suka jahtin, emang bagus berusaha buat egp, bodo amat gitulah ya

      Hapus
  5. Aku setuju. Setiap orang seharusnya bisa ngejaga lisan mereka. Kalaupun niatnya mau mengkritik atau mengingatkan sesuatu kepada orang lain, setidaknya pilih kata-kata yang pas tapi engga kedengaran kasar(?), biar orang gak tersinggung sama perkataan kita. Sayangnya gak semua orang bisa menjaga omongan mereka, jadi menurutku sih balik lagi ke diri masing-masing, jangan terlalu dengerin apa kata orang lain, kalau itu baik jadiin motivasi, kalau pun engga jadiin itu sebagai bahan eh bahan? itulah pokoknya, untuk selalu intropeksi diri. Hehe. Kalau mereka kasar dan suka ngomongin keburukan orang lain [termasuk aib kita], yaudah doain aja semoga mereka cepet sadar. Jadi keinget sama salah satu quote "Ketika kamu membicarakan keburukan orang lain sesungggunya kamu telah menunjukan keburukanmu di depan orang lain." -Unknown

    Duh komentarku bijak banget dah, semoga ini bisa jadi self-reminder juga buat aku untuk selalu menjaga lisan. Ehe:3

    BalasHapus
    Balasan
    1. lidah memang tak bertulang hihi
      mungkin buat sebagian orang itu agak sulit kali ya kalo sifat itu orang emang udah kaya gitu
      setuju! tutup mulut eh tutup telinga ehehe
      aamiin.. intinya yang suka ngomongin keburukan orang lain it gak baik ya :)
      #nasihat buat diri sendiri

      Hapus
  6. Hehehe sebetulnya semua orang itu baik kook. Jadi ya kita perlakukan dengan baik aja. #Kresnoadidalamedisisokbijak eh kayaknya baru pertama kali ke sini deh gue. Salam kenal ya! \:D/

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo semua orang baik, gak bakal ada yang namanya sakit hati karena lisan, ga bakal ada firman2 atau hadis2 yang bahas soal kejahatan lisan :(

      ih kayanya udah pernah deh di postingan sebelumnya
      oke deh salam kenal juga hihi ^^

      Hapus
  7. Klo aku ngeliatnya kadang flashback ke diri sendiri dulu sih, apakah kita duluan yang bikin sebel orang itu sehingga bikin orang lain nggak respek atau malah ngejaga jarak ama kita (milih buat ga terlalu ngakreb), nah misalnya iya (dari segi kitanya yang pernah bikin sebel duluan) ya lebih baik kitanya yang berubah, ga terlalu banyak berharap ke orang lain musti gini gini sesuai kemauan kita sebelum kitanya juga baik ke orang lain..,jadi lebih ke instrospeksi diri aja sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu emang perlu banget mba, yang aku posting diatas lebih ke orang yang duluan jahat

      btw thanks ya komentarnya ^^

      Hapus
  8. Jadi tersandung nih, haahaha. Biasanya kalau pas emosi tinggi suka banget bawel, pas udah kejadian baru sadar. Kenapa tadi begini, kenapa tidak begitu. Harus lebih bisa naha diri nih untuk ke depannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba qudsi, nahan emosi itu kan gak gampang apalgi kalo udah memuncak :(

      Hapus
  9. Kadang, kita gak pernah tahu, sih, ucapan itu bakal menyakiti atau nggak. Ya, misal maksud orang itu emang bercanda. Makanya nih, kudu jangan berlebihan bercandanya kalau sama temen. :D

    Kalo soal buka aib, jangan sampai deh. Terus gibah, duh... no komen deh. Kadang suka khilaf euy. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. namanya juga manusia, gak bisa terus tampil oke dalam hal lisan

      iya nih, becandanya mesti liat kondisi yang dibecandain

      bener mas yog,setan kan ikut bisik2 biar kita ikutan ngegosip, makanya ini cuma sekedar pengingat aja khususnya buat aku pribadi :)

      Hapus
  10. Buat saya sih yang penting positive thingking aja ya Ami. Betul juga sih kalau ada yang nyakitin kita nggak perlu dibalas perbuatan yang sama. Tetap dibaikin aja, nanti kan dia malu sendiri :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas anjar
      kita juga pasti malu kalo udah jahat tapi dibalesnya baik :)

      Hapus
  11. sabar itu nggak mudah, butuh ujian, jika bisa melaluinya baru bisa dikatakan sabar

    BalasHapus
  12. Bagus ini postingan, jadi mengingatkan diri sendiri.
    Gitu aja komentarku. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih banyak mas, ini pengingat buat siapaun yang baca termasuk aku sendiri yang bikinnya hehe

      Hapus
  13. aku juga sering dijahatin sama temen2. tapi ini benar2 membuat hati jadi sakit. aku juga mudah terpancing emosi kalo diginiin.

    aku harus bagaimana?

    bahkan juga sering berantem. huhuuuuu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku ngerti, soalnya aku juga pernah ada di posisi itu. jadi lebih mudah tersinggung kan?

      inget sama judul aku aja, tidak membalas karena tahu ada yang Maha Membalas hehe

      tetep positive thinking, biarin orang lain mau jahat juga, kita mesti tetep baik. kalo kejahatnya kita bales, apa bedanya kita sama dia? itu sih prinsip aku

      Hapus
  14. Jadi poinnya, berbuat baik, berprasangka baik,dan melakukan segala yang baik ya.:)

    BalasHapus
  15. Setuju sekali kalo orang jahat dibales kejahatan terus siapa orang yang baik yang mau masuk surga??

    Tapi juga agak susah sih balas kejahatan orang dengan kebaikan. Ya biarlah Allah yang Maha Adil yang membalasnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. disitu kali ya kesabaran kita diuji hehe

      iya mba arum ^^

      Hapus
  16. Bener banget, ngomongin keburukan orang, padahal belum tentu dia juga baik ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak, mending sibuk benerin akhlak sendiri

      Hapus
  17. Saya mah kalau ada orang yg jahatin saya malah saya baik2in depan orang..yang ada doi jadi keki dan malu sendiri, hihi.. Tapi untungnya ga banyak orang yg jahat sama saya mbak..entahlah ya kalau di depan saya aja baik..Insya Allah kalau kita baik sama orang bakal dibaikin balik deh kecuali kalau pada dasarnya emang itu orang punyakit hati 🙈

    BalasHapus
    Balasan
    1. sukurlah kalo mba punya kebiasaan baik kaya gitu :)

      setuju, lagian gatau malu lah mba kalo kita jahat sama yang udah baik hehe

      Hapus
  18. Pernah ada yang mulutnya lancang. Ya saya bilang dong ke kuping dia, "Jangan lancang mulut lu!" Kalau nggak gitu, sampe ko'it pun dia nggak akan sadar mulutnya lancang. Saya masih termasuk susah memaafkan mulu2 lancang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mba orangnya cukup berani ya :D

      tapi emang bagus sih kalo ngasih tau orang lancang, biar sadar wkwk

      Hapus
  19. Wah, bener juga ni nasehatnya, terima kasih :)

    apapun itu kebaikan ataupun keburukan yg kita lakukan, pasti akan dibalas setimpal oleh Allah kok. nah, dibalesnya ini bisa saat di dunia bisa juga di akhirat kelak. Jadi, benar klo dijahatin, ya lebih baik kita berusaha untuk memaafkan dia :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 mas, lagian ini juga remember buat aku pribadi hehe

      guuuuuuuuuuuud ^^

      Hapus
  20. Kalo aku sih gak bakal ngebiarin kata dari orang gak jelas ngerusakin mood. Paling bete bentar, abis itu dilupain. Biar dia dapet ganjarannya sendiri dari Allah suatu hari wkwkw

    Cheer up! Keep smileee :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sukurlah, tapi kdang emang ngefek juga sih ke mood
      Iya pasti hehe

      Okaaaay :D

      Hapus
  21. Terkadang jika disakiti tak bisa menahan diri, tapi kalau dipikir secara dewasa dan mengalah itu akan menjadi pribadi yang baik, mengalah bukan berarti kalah, tapi mengalah itu sebenarnya pemenang sesungguhnya. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agak susah ya nahan diri kalo digituin :')

      Iya mba, tapi ngalahnya lebih ke ngebiarin kali ya, ngebiarin Alloh aja yg bales hehe

      Hapus
  22. Ih ini pas banget sama aku mbak ammm...

    Aku setuju tuh, sebodo amat tenang ada karma dibalik layar.

    Kalo kata selena Gomez mah killem with kindness aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku sih lebih ngena ke hukum sebab akibat hehe
      balasan baik/buruk juga pasti bakalan dateng

      yup aku suka sama lagunya, kill 'em with kindness go ahead, go ahead, go ahead, go ahead now hehehe

      Hapus
  23. Kejahatan dibalas kebaikan??? sepertinya itu hanya dapat kita temukan di sinetron mbak, di kehidupan nyata sepertinya hanya 1:1000 yg mau melakukan hal yg bisa dikatakan paling "awesome" itu .. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sinetron juga kan ada yang diambil dari kisah nyata, eh iya kan? hehe

      ah emang awesome *matalope

      Hapus
  24. Berat, tapi kadang kita harus seperti itu ya Mbak. Membalas kejahatan dg kebaikan

    BalasHapus
  25. Setuju neng... Saling mengingatkan ya ❤️❤️ Barusan baca Al-Hujuraat : 12
    Sering banget lupa ya, apalagi klo udah ngumpul sama cewek2.. Ngomongin keburukan 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. sukurlah ^^
      iya nih, emang paling agak susah mba ngontrol diri dalam situasi seperti itu, cuma namanya juga godaan ya kita mesti nahan

      aku selalau mikir kalo aku buka aib orang lain, aib aku juga bakalan dibuka sama orang lain. setiap orang pasti punya aib, toh kodrat manusia gak luput dari salah. ya ga mba? hehe

      Hapus
  26. setuju mbaa.... untuk orang2 yg jahat begitu, aku g trtarik utk ngebales dia... pastinya sih aku bakal ngejauhin, lebih bgs g ada komunikasi apapun lagi... biar ntr itu jd urusan dia ama yg di Atas aja :).. capek di kita juga kalo masih mikirin.. Ga ada guna toh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mba, biar hidup kita makin damai dan kita gak ikut2an dosa dan gak sama jahatnya :)

      Hapus
  27. Anonim17/3/17

    wahhh bener banget nihhh setuju la ... makasih mba

    BalasHapus
  28. MasyaAllah ilmunya selalu bermanfaat untuk kita2 ya!...
    Semoga kita dijauhkan dari orang2 yang berprilaku buruk terhadao kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin aamiin ya robbal alamiin ^^

      Hapus